Polisi Masih Simpat Rapat Misteri Penyakit Ustaz Maaher dan Siap Pidana bagi Penyebar Hoaks
Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata (Foto- @ustadzmaheer_)

Bagikan:

BANTEN – Penyebab meninggalnya Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata masih menjadi teka-teki, meskipunPolri menegaskan disebabkan oleh penyakit tertentu.

Namun pihak kepolisian tidak dapat membeberkan penyakit jenis apa yang diderita Ustaz Maaher, lantaran apabila dijelaskan dapat merusak reputasi Ustaz Maaher.

Polri Imbau Masyarakat Tidak Mudah Percaya Berita

Polri juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah mempercayai kabar yang beredar. Sebab, kabar-kabar tersebut menurut Polri tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Mengenai meninggalnya yang bersangkutan sudah di jelaskan pihak kepolsian bahwa yang bersangkutan meninggal karena sakit," papar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Selasa, 9 Februari.

Rusdi mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak bertanggungjawab. Apabila masyarakat ragu, menurutnya dapat bertanya kepada pihak yang berkompeten.

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar tidak ikut menyebarkan berita yang tidak berdasar. Sebab, nantinya dapat menjadi penyebaran informasi bohong atau hoaks yang berujung pidana.

"Dan jangan menyebarkan berita bohong, karena merupakan tindak pidana," tegas Rusdi.

Perlu diketahui, sebelumnya beredar informasi yang menuding penyebab kematian Maaher lantaran disiksa di rumah tahanan Polri hingga menderita sakit kulit parah.

Dalam kabar juga menambahkan jika Ustaz Maaher dilarikan ke Rumah Sakit Polri, namun kemudian dipulangkan kembali ke rumah tahanan meskipun kondisinya belum sembuh.

Informasi tersebut diunggah oleh Ade Armando melalui akun twitternya, @Adearmando1, pada Senin, 8 Februari.

Ade mentautkan informasi tersebut dengan akun yang pertama menyebar yaitu Pribumi Bangkit. Dosen Komunikasi Universitas Indonesia (UI) tersebut menyebut jika informasi yang beredar adalah fitnah.

"Saya justru dapat kabar bahwa dia meninggal akibat penyakit yang belum bisa saya sebut namanya karena bila ternyata benar akan menjatuhkan nama Maher. Perlu buka-bukaan?" jelas Ade Armando.

Selain misteri penyakit Ustaz Maaher, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!