Lima Teknologi Ramah Lingkungan yang Dipamerkan di CES 2024
Pameran CES 2024 (foto: dok. CES)

Bagikan:

 

JAKARTA – Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas memperkenalkan berbagai macam teknologi baru, mulai dari perangkat untuk keperluan pribadi, perusahaan, hingga untuk menjaga.

Ada beberapa teknologi yang ramah lingkungan untuk melawan perubahan iklim seperti pompa air untuk mengatasi kekeringan, pendeteksi polusi di saluran air dan lautan, hingga teknologi penyaringan untuk menangkap serat plastik saat banjir.

Dilansir dari HT tech, teknologi pertama yang dipamerkan adalah alat pemompa air dari udara. Teknologi ini dibuat oleh perusahaan global bernama Genesis Systems. Perangkat ini dianggap sangat efektif untuk memasok air saat kelangkaan air terjadi secara global.

Berikutnya, ada pendeteksi polusi di saluran air dan lautan yang dibuat oleh MolluScan, perusaha kecil asal Prancis. Teknologi ini bisa mengetahui tingkat polusi melalui kerang laut karena menggunakan detektor polusi berbasis moluska atau hewan berbadan lunak.

Selanjutnya, ada beberapa perusahaan yang menggunakan bahan daur ulang untuk keperluan teknologi. Forvia, pemasok peralatan mobil dari Prancis, menciptakan bahan bakar organik menggunakan rami, kayu, nanas, dan bahan ramah lingkungan lainnya.

Selain itu, perusahaan bernama Matter membuat teknologi penyaringan untuk menangkap serat plastik yang sangat kecil sehingga membuat banjir menjadi berbahaya. Biasanya, serat-serat ini berasal dari air limbah yang digunakan di mesin cuci.

Terakhir, Ambient Photonics membuat sel surya yang mampu mengisi daya dari pencahayaan dalam ruangan untuk mengurangi kebutuhan baterai. Teknologi ini akan mengurangi penggunaan baterai sekali pakai atau baterai yang diisi ulang.

Itu dia beberapa teknologi ramah lingkungan yang dipamerkan di CES 2024 selama empat hari, mulai dari tanggal 9 hingga 12 Januari. Pastikan untuk mengikuti berbagai artikel terbaru dari VOI agar tidak ketinggalan artikel menarik lainnya.