Cuaca Rabu 28 Februari, Waspada Cuaca Ekstrem di 8 Kota Besar Ini
Ilustrasi Cuaca Esktrem (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Rabu 28 Februari. Prakirawan Eriska Febriati meminta masyarakat di delapan kota besar Tanah Air untuk waspada potensi cuaca ekstrem, berupa hujan lebat hingga hujan disertai petir.

Menurut Eriska, kondisi cuaca di kota besar Pulau Sumatera, Banda Aceh cerah berawan, dan cuaca berkabut di Kota Pekanbaru.

Hujan ringan diprediksi mengguyur Kota Medan, Tanjung Pinang, Padang, dan Pangkalpinang.

“Waspada hujan disertai petir di Kota Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Bandar lampung,” ujar Eriska dalam Siaran Info BMKG.

Di Pulau Jawa, cuaca berawan tebal di Kota Semarang. Hujan ringan berpotensi mengguyur Kota Jakarta dan Bandung, serta hujan sedang di Kota Serang.

“Waspada potensi hujan lebat di Kota Yogyakarta, dan hujan disertai petir di Kota Surabaya,” jelas Eriska.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan ringan di Kota Mataram. Waspada hujan disertai petir di Kota Denpasar dan Kupang.

Di Pulau Kalimantan, cuaca berawan di Kota Samarinda. Hujan ringan berpotensi di Kota Tanjung Selor, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Hujan sedang di Kota Pontianak.

Di Pulau Sulawesi, cuaca berawan di Kota Manado. Cuaca cerah berawan di Kota Palu, dan hujan ringan di Kota Gorontalo, Mamuju, Kendari, dan Makassar.

Di Kepulauan Maluku dan Papua, cuaca berawan di Kota Ternate. Hujan ringan di Kota Ambon, Manokwari, dan Jayapura.

Suhu udara kota-kota besar di Tanah Air berkisar 19 hingga 34 derajat celsius, dengan kelembapan udara 50% hingga 100%.