Anda Sudah dapat SMS soal Informasi Vaksin COVID-19?
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

BANTEN – Masyarakat akan mendapatkan informasi seputar vaksin COVID-19 melalui SMS di ponsel masing-masing. Hal tersebut sebagaimana dikemukakan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

"Sama halnya dengan vaksinasi pada tenaga kesehatan, masyarakat juga akan menerima undangan lewat SMS dan selanjutnya dapat melakukan registrasi sebelum menerima vaksinasi," jelas Wiku dalam konferensi pers di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 4 Februari.

Mekanisme Vaksi COVID-19

Wiku menjelaskan data yang akan digunakan berasal dari kerja sama antara Telkom, Kominfo, BPJS, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Koordinator Perekonomian.

"Untuk mekanisme vaksinasi masyarakat umum ini nantinya mengguanakan sistem satu data vaksinasi," paparnya.

Perlu diketahui, pemerintah berencana memvaksin 181,5 juta penduduk Indonesia guna mewujudkan kekebalan komunal terhadap COVID-19.

Vaksinasi gelombang pertama akan dilaksanakan pada bulan Januari hingga April 2021 dengan sasaran 1,3 juta petugas kesehatan di 34 provinsi, 17,4 juta petugas publik, dan 21,5 juta warga lanjut usia.

Kemudian vaksinasi gelombang kedua akan dilaksanakan pada bulan April 2021 hingga Maret 2022. Target vaksin gelombang dua tersebut adalah 63,9 juta warga di daerah dengan risiko penularan tinggi.

Selain itu sebanyak 77,4 juta anggota masyarakat lainnya akan mendapatkan vaksin pada gelombang dua tersebut. Caranya melalui pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Saat ini pemerintah sudah mengonfirmasi pemesanan 329,5 juta dosis vaksin COVID-19 dari beberapa negara produsen vaksin. Beberapa di antaranya adalah Tiongkok (Sinovac), Amerika Serikat-Kanada (Novavax), Inggris (AstraZeneca), dan perusahaan farmasi Jerman dan Amerika Serikat (Pfizer BioNTech).

Selain informasi Vaksin COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!