Kisah Misteri Benteng Speelwijk Banten Beserta Sejarah Lengkapnya
Benteng Speelwijk Banten (kemdikbud.go.id)

Bagikan:

BANTEN – Benteng Speelwijk adalah bengunan peninggalan Belanda yang berada di Pamarican atau sekitar 600 meter ke arah Barat Laut Keraton Surosowan, Situs Banten Lama. Terdapat banyak kisah misteri Benteng Speelwijk yang hingga kini membuat siapa saja penasaran sekaligus ketakutan.

Benteng yang memiliki bangunan berbentuk persegi panjang tidak simetris tersebut, memiliki bastion pada setiap sudutnya. Didirikan pada tahun 1682, Benteng Speelwijk hampir berusia 500 tahun.

Beberapa Kisah Misteri Benteng Speelwijk Banten

Pengalaman tidak menyenangkan di Benteng Speelwijk Banten pernah dikemukakan oleh artis Zee Shahab ketika dirinya melakukan pengambilan gambar di sana pada awal tahun 2000-an silam.

Shahab menjelaskan jika dirinya kerap menemui berbagai hal mistis. Menurutnya hal tersebut lantaran para makhluk halus terusik dengan kedatangan manusia (kru film) di lokasi.

Pada waktu itu, Shahab mengaku jika para makhluk halus membuat para pemeran figuran kesurupan. Hal tersebut terjadi berselang lima hari dari pengambilan film.

“Yang namanya tempat yang udah tidak kepake, tempat yang mungkin pernah punya masa lalu buruk disitu, tiba-tiba kita datang disitu, mungkin mereka terusik, mereka tidak nyaman dengan kehadiran kita,” papar Shahab melansir dari Silet.

Berdasarkan penuturan masyarakat setempat, Benteng Speelwijk memang memiliki aura magis pada beberapa bagian.

Lorong banker di Benteng Speelwijk Banten adalah salah satu bagian yang dianggap paling mistis. Hal tersebut lantaran di masa lalu banyak orang-orang yang meninggal lantaran disiksa di tempat tersebut.

Selain lorong bunker, terdapat area pemakaman Belanda yang berada di sekitar lokasi yang juga memiliki aura magis kental.

Menariknya, Benteng Speelwijk Banten terkenal sebagai tempat bertemunya alam manusia dengan dimensi lain. Maka tidak heran jika tempat tersebut pernah menjadi lokasi untuk menguji nyali yang pernah ditayangkan televisi swasta.

Sejarah Berdirinya Benteng Speelwijk Banten

Benteng Speelwijk didirikan pada tahun 1682, kemudian diperluas pada tahun 1685 dan 1731. Dirancang oleh Hendrick Lucaszoon Cardeel, pada zaman dahulu benteng tersebut adalah simbol kekuasaan dan kekuatan VOC di Banten.

Pembangunan Benteng Speelwijk terjadi semasa Banten di bawah kepemimpinan Sultan Haji atau yang bernama asli Abu Nasr Abdul Kahhar.

Perlu diketahui Sultan Haji adalah putra dari Sultan Ageng Tirtayasa yang dikenal dekat dengan Belanda.

Nama dari Benteng Speelwijk sendiri terinsirasi dan ditujukan guna penghormatan kepada Gurbenur Hindia Belanda pada masa itu, Cornelis Janszoon Speelman.

Menariknya, jika biasanya pembangunan benteng dan peninggalan Kolonial Belanda lainnya menggunakan masyarakat pribumi, berbeda dengan Benteng Speelwijk.

Konon pembangunan Benteng Speelwijk dilakukan oleh para pekerja kasar yang berasal dari etnis Tionghoa. Mereka diupah sangat rendah dan juga dipercaya disiksa hingga banyak yang meninggal di tempat.

Selain kisah misteri Benteng Speelwijk Banten, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!