Total Kekayaan Pengusaha Senior Prajogo Pangestu bisa Buat Beli Emas 105 Ton
Konglomerat Prajogo Pangestu. (Foto- Istimewa)

Bagikan:

BANTEN – Prajogo Pangestu adalah pengusaha senior yang dinobatkan menjadi orang terkaya nomor tiga di Indonesia. Bloomberg Billionaires Index mencatat per Selasa, 9 Februari 2021, total kekayaan Prajogo USD7,53 miliar atau setara dengan Rp105,33 triliun (kurs Rp13.988 per dolar AS).

Pria terkaya setelah Robert Hartono dan Bambang Hartono tersebut juga tercatat sebagai manusia terkaya di dunia pada urutan ke-349.

Apa Bisnis Utama Prajogo Pangestu?

Pria berusia 76 tahun asal Kalimantan tersebut disebut Bloomberg sebagai pendiri PT Barito Pacific Tbk, yang merupapan perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia.

PT Barito berbasis di Jakarta, memiliki pembangkit listrik dan aset penghasil plastik. Perusahaan tersebut pada tahun 2019 melaporkan pendapatan hingga USD2,4 miliar.

Adapun, divisi usaha Barito terdiri beberapa sub unit yang memiliki anak usaha utama yakni Chandra Asri Petrochemical. Menariknya, taipan tersebut tidak lahir langsung kaya namun pernah melakoni profesi sebagai sopir angkot.

Bisnis Prajogo sudah cukup tenar dan menggurita di Indonesia selama puluhan tahun. Lantas apabila uang Rp105,33 triliun tersebut dibelanjakan, berikut ini beberapa analogi sederhananya.

Dapat Membeli Emas Antam 105 ton

Katakanlah harga emas Antam tiap gramnya adalah Rp1 juta, maka apabila Anda memiliki Rp105,33 triliun dapat untuk membeli 105 ribu kilo emas murni atau 105 ton kilo emas.

Bisa Beliin BBM Orang Indonesia selama 3 bulan

Harga minyak dunia kini 60 dolar AS per barel. Apabila Prajogo memiliki net worth USD7,53 miliar, maka minyak yang bisa dibeli adalah 125 juta barel minyak atau 19,75 juta kilo liter BBM.

Katakanlah konsumsi BBM masyarakat Indonesia 75 juta kilo liter pertahun, maka uang Prajogo dapat untuk membeli BBM untuk seluruh orang Indonesia selama selama kurang lebih 3 bulan.

Bisa Beli Mobil Tesla 23 Ribu Unit

Mobil listrik Tesla paling mahal adalah tipe P100D dengan harga Rp4,4 miliar. Uang Rp105 triliun tersebut dengan demikian dapat untuk mem beli mobil tersebut lebih dari 23 ribu unit.

Selain kekayaan pengusaha senior Prajogo Pangestu, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!